Selasa, 14 Agustus 2012

PASO (Capter 3)


Hardware Komputer

Tahapan Proses Komputer
  1. POST
  2. BIOS
  3. Sistem Operasi
Prosedur POST
  1. Power Supply
  2. Pengecekan Bios dan Isinya
  3. Pengecekan CMOS
  4. Pengecekan CPU
  5. Pengecekan IO control

CPU
       Central Processing Unit
       Merupakan komponen terpenting dari sistem komputer
       komponen pengolah data berdasarkan instruksi yang diberikan kepadanya
       Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen

Komponen Utama CPU
        Arithmetic and Logic Unit (ALU)
        Control Unit
        Registers
        CPU Interconnections

Arithmetic and Logic Unit (ALU)
       Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
       ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi -instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.
       ALU terdiri dari dua bagian, yaitu
                a.            Unit arithmetika
                b.            Unit logika boolean

Control Unit ( CU )
       Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keselurahan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi – fungsi operasinya.
       Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi – instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

Register
       Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.
       Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

CPU Interconnections
       Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus – bus eksternal CPU
       Komponen internal CPU yaitu ALU, unit kontrol dan register – register.
       Komponen eksternal CPU :sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran


Fungsi CPU
       Menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
       Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu :
                a. Operasi pembacaan instruksi.
                b. Operasi pelaksanaan instruksi (execute)

Aksi CPU
       CPU – Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
       CPU –I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
       Pengolahan Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
       Kontrol, merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan urusan eksekusi.

Peripheral
PENGERTIAN
                Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkan.

Macam-macam periferal:
Ø  Printer
                                Printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik tulisan maupun grafik secara langsung dengan menggunakan media kertas ataupun yang lainnya. Ada tiga jenis printer yang beredar dipasaran.
  1. Dot-Matrix
  2. Ink-Jet
  3. Laser Jet
1. Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
2. Printer InkJet
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut.
3. Printer Laser
Sebagian dari laser printer(kiri atas) bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering.

Jenis-Jenis Alat Cetak yang Lain
a. Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik.
b. Ink-Jet Plotter
Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan pelbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum       
c. Printer Digital
Umumnya digunakan untuk mencetak langsung dari kamera digital/ yang lainnya. Namun Printer jenis ini juga dapat dihubungkan ke Personal Computer

0 komentar:

Posting Komentar